Pages

Subscribe:

Labels

Minggu, 04 Desember 2011

Chipset Intel H61

 Ingin merasakan sensasi prosesor Sandy Bridge namun hanya memiliki anggaran terbatas? Atau ingin membangun PC berkinerja tangguh namun tidak membutuhkan fasilitas penuh? Jika semua jawaban pertanyaan itu adalah ya, Anda bisa memilih motherboard berbasis chipset Intel H61. Mengapa?
Jawabnya adalah chipset Intel H61 ini bisa digunakan untuk prosesor Sandy Bridge mulai dari Intel Pentium seri G6xx/8xx hingga Core i7-2xxx. Chipset ini menghadirkan feature sederhana yang sesuai bagi pengguna dengan kebutuhan komputasi yang tidak terlalu tinggi. Selain bisa meningkatkan harga, feature yang mewah kadangkala tidak terlalu dibutuhkan bagi pengguna yang hanya ingin membangun PC sederhana semacam itu.

Lebih minimalis
Apa yang ditawarkan Intel H61 agak mirip dengan H67, namun dengan sedikit pengurangan beberapa feature. Misalnya, jalur PCI Express yang lebih kecil dan tidak adanya koneksi SATA3. Begitu pula feature Intel Rapid Storage seperti AHCI dan RAID tidak disediakan olehnya. Ini tentu membuatnya kurang cocok untuk PC yang memfokuskan diri pada kinerja storage.
Intel H61 sudah tidak menyertakan slot PCI lagi. Namun beberapa vendor masih menambahkan slot PCI menggunakan chip pihak ketiga. Hal ini dilakukan demi mencapai kelengkapan dan fleksibilitas dengan beberapa komponen pendukung yang tersedia di pasaran.
Dengan apa yang ditawarkannya, produk ini bisa menjadi solusi tepat bagi yang ingin membangun PC minimalis. Warnet, perkantoran, serta pengguna rumahan yang menggunakan PC sebagai pusat edukasi dan multimedia definisi tinggi (dengan anggaran terbatas) bisa tergoda oleh produk ini. Ini berkat kinerja PC yang tetap tangguh dengan harga yang rendah.
Berikut kami tampilkan 4 motherboard berchipset Intel H61 untuk mendapatan gambaran sejauh mana kinerja serta fasilitas yang disertakan.
(Dayu Akbar – Kontributor)

0 komentar:

Posting Komentar